Systematic Literature Review
SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PEMANFAATAN APLIKASI PHOTOMATH DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT
Suci Miranti Hakiki , Asrul
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Jl. William Iskandar Ps. V, Medan; sucimiranti2003@gmail.com
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Jl. William Iskandar Ps. V, Medan; asrul@uinsu.ac.id
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis meta data terkait pemanfaatan aplikasi photomath. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Tinjauan sistematis ini mengidentifikasikan 11 studi melalui database Google Scholar yang terbit pada tahun 2020-2023. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan semua artikel terkait pemanfaatan aplikasi photomath, dengan kriteria seleksi dan menggunakan protocol PRISMA sebagai pedoman instrument penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Photomath memberikan pengalaman belajar yang positif, efektif, dan praktis dalam menyelesaikan soal matematika. Pelatihan penggunaan aplikasi matematika dianggap penting untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran matematika.
Kata Kunci : Pemanfaatan, Aplikasi, Photomath
1. Pendahuluan
Dunia pendidikan merupakan sarana untuk memajukan dan mengembangkan potensi pengetahuandan keterampilan dalam kehidupan manusia. Dengan seiring berkembangnya zaman dan juga perkembangan dunia teknologi yang berkembang pesat memberikan tantangan tersendiri bagi setiap pendidik dalam memberikan pengajaran kepada peserta didik. Pendidik juga mempunyai tanggung jawab besar terhadap perkembangan peserta didiknya. Pendidik diberikan tugas dan tanggung jawab pertama dan utama melaksanakan pembelajaran sejak peserta didik lahir di dunia (Fauzi., 2018).
Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) pada pembelajaran mencapai peralihan kebiasaan dan kultur belajar. Penggunaan TI pada pembelajaran bisa dilakukan dalam bentuk proses belajar mengajar tersendiri dan juga dikolaborasikan dengan pembelajaran direct learning yang bergantung pada partisipasi pengajar (Turmuzi et al., 2021). Jika dilihat dari pemaparan di atas terkait pesatnya perkembangan teknologi yang dapat mempengaruhi dunia pendidikan, banyak dari kalangan lembaga pendidikan berlomba-lomba memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Salah satunya dengan mengembangkan aplikasi pemecah soal khususnya materi matematika dengan menggunakan aplikasi photomath yang mana manfaatnya sangat besar bagi peserta didik dan juga pendidik itu sendiri.
Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang dipelajari di sekolah (Puspaningtyas, 2019). Pembelajaran matematika sangat penting bagi peserta didik, Berdasarkan pada tujuan pembelajaran matematika dipendidikan dasar sampai menengah yaitu untuk mempersiapkan peserta didik dapat selalu berkembang secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efisien dan efektif dalam dunia pendidikan (Masykur et al., 2018). Matematika merupakan ilmu dasar yang menjadi tolak ukur bagi perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut (Ulfa, 2019) banyak peserta didik yang setelah belajar matematika, tidak mampu memahami bahkan pada bagian yang paling sederhana sekalipun, banyak konsep yang dipahami secara keliru sehingga matematika dianggap sebagai ilmu yang sukar, ruwet dan sulit. Mengingat bahwa kebanyakan dari peserta didik tidak mengetahui tentang aplikasi matematika yang dapat diunduh pada smartphone dan juga bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran oleh peserta didik ialah penggunaan aplikasi yang dapat membantu mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh pendidik. Salah satu aplikasi yang dimanfaatkan oleh peserta didik dalam mata pelajaran matematika yaitu aplikasi photomath (Abdillah et al., 2021).
Photomath merupakan sebuah aplikasi yang memanfaatkan kamera smartphone untuk mencari jawaban pertanyaan matematika yang dapat digunakan secara mudah yakni hanya dengan membuka aplikasi, mengarahkan kamera ke soal, ambil foto, lalu Photomath langsung menyajikan petunjuk detail penyelesaiannya tanpa menuntut input kompleks dari pengguna (Dewi & Handayani, 2022). Aplikasi ini juga disebut kalkulator yang memanfaatkan kamera smartphone untuk memindai persamaan metematika (Webel & Otten, 2015). Pada Photomath pengguna dapat mengenali masalah matematika, menghasilkan deskripsi berkelanjutan atau prosedur pemecahan soal yang dicari, dan memberikan solusi cepat saat digunakan.
Photomath tersedia gratis, cepat dan akurat dalam menjawab soal. Aplikasi ini mengusung teknologi pembaca teks canggih dari MicroBlink yang bekerja secara real-time, yakni pengguna akan mendapatkan respon instan ketika memindai soal matematika dengan smartphone (Dewi & Handayani, 2022). Aplikasi ini menyediakan dua mode atau cara penggunaan untuk mendapatkan petunjuk langkah demi langkah, yakni mode kamera dan mode kalkulator. Selama soal diketik dan tidak ditulis tangan, Photomath mampu membacanya. Hebatnya lagi, ia tak sekadar memberikan jawaban, tetapi mengajarkan bagaimana cara menyelesaikan soal (Dewi & Handayani, 2022). Dalam beberapa penelitian, Photomath digunakan guru (peneliti) sebagai alat untuk mengecek kembali proses penyelesaian yang dikerjakan oleh siswa (Jupri, 2020).
2. Metode
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Metode penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi serta menafsirkan semua penelitian yang tersedia. Sejalan dengan penelitian (Triandini et al., 2019), dengan menggunakan metode ini dilakukan review dan diidentifikasi jurnal-jurnal secara sistematis pada setiap prosesnya mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan.
Triandini (2019) menjelaskan langkah-langkah dalam SLR sebagai berikut: (1) Research Question atau pertanyaan penelitian, dibuat berdasarkan topik yang dipilih oleh peneliti. (2) Search Process atau proses pencarian, digunakan untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian pada langkah sebelumnya yang didapatkan dari sumber-sumber yang relevan. Proses pencarian dapat menggunakan mesin pencarian google chrome dengan situs http://garuda.ristekdikti.go.id untuk data primer dan http://google.com untuk data sekunder. (3) Inclusion and Exclusion Criteria, pada tahapan ini dilakukan pemutusan layak atau tidaknya data yang digunakan dalam penelitian SLR. (4) Quality Assesment, pada tahap ini data yang telah ditemukan akan dievaluasi berdasarkan pertanyaan kriteria pada penilaian kualitas yang telah ditetapkan. (5) Data Collecting atau pengumpulan data merupakan tahap dimana data-data penelitian yang sudah ada dikumpulkan. Dan (6) Data Analysis, pada tahap ini data yang telah dikumpulkan akan dianalisa untuk menunjukkan hasil dari pertanyaan penelitian yang telah dibuat sebelumnya dan dilakukan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan mendokumentasikan semua penelitian terkait pemahaman konsep matematis siswa, analisis data pada artikel dan penarikan kesimpulan. Berdasakan tahapan-tahapan tersebut maka peneliti mencari artikel dengan kata kunci analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, lalu artikel dipilih dan dievaluasi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, kemudian data yang telah dikumpulkan dianalisis dan dilakukan penarikan kesimpulan. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 11 artikel penelitian nasional yang diperoleh dari google scholar yang diterbitkan pada periode 2020 – 2023.
3. Hasil dan Pembahasan
Data yang dihasilkan dalam penelitian ini diperoleh dari analisis dan rangkuman artikel atau jurnal terkait dengan pemanfaatan aplikasi photomath dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat. Artikel yang sudah disaring berdasarkan kelayakan dan kelengkapan datanya, setelah itu dilakukan sintesis data dengan melakukan metode metasintesis. Metode ini diterapkan dengan mengelompokkan data yang telah disaring kemudian dikaji dan dianalisis secara menyeluruh untuk dapat menjawab pertanyaan penelitian. Dalam tahap ini, penulis mentransformasikan data abstrak menjadi data yang berguna dan berpedoman pada identifikasi tema, ide atau konsep yang signifikan dalam data yang terkait dan saling berhubungan (Samsuddin et al., 2020). Akhirnya proses ini menghasilkan total 3 tema, yaitu 1) pemanfaatan, 2) aplikasi, dan 3) photomath.
Tabel 1. Temuan
Penulis | Desain Studi | Pemanfaatan | |
Aplikasi | Photomath | ||
(Handayani & Solihah, 2022) | MM |
| √ |
(Wijayanti, Hasanudin, 2023) | LR |
| √ |
(Muzzamil et al., 2023) | QL |
| √ |
(Muslimah et al., 2023) | QL |
| √ |
(Larasati et al., 2022) | QN |
| √ |
(Salsabila et al., 2020) | MM | √ | |
(Khaira, 2020) | MM | √ | |
(Dewanta, 2020) | QL | √ | |
(Juniarti & Rasna, 2020) | QL | √ | |
(Adelina & Amin, 2022) | QL | √ | |
(Hikmah & Maskar, 2020) | LR | √ | |
Total | 11 | 6 | 5 |
Pada Tabel 1 diketahui dari 11 artikel, sebanyak 5 artikel menggunakan metode kualitatif, 1 artikel menggunakan metode kuantitatif, 2 artikel menggunakan studi pustaka, sedangkan 3 artikel lainnya menggunakan metode campuran dalam penelitiannya. Berdasarkan tahun terbit, 5 artikel diterbitkan pada tahun 2020, 3 artikel pada tahun 2022, dan 3 artikel pada tahun 2023. Selanjutnya melakukan tahap sintesis data. Tujuan sintesis data yakni menyatukan bukti dari penelitian terpilih untuk mencari jawaban atas pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian pada kajian literatur ini, ditemukan dua tujuan penelitian terkait pemanfaatan aplikasi dan pemanfaatan photomath.
(Muzamil et al, 2023) dalam penelitiannya mengemukakan kemudahan dalam mempelajari Photomath memberikan pengalaman yang baik bagi setiap pengguna, baik pengguna yang masih belum terlalu menguasai teknologi maupun yang telah menguasai penggunaannya. Photomath penggunaannya sangat praktis untuk mengerjakan soal karena hanya dengan memfoto soal langsung keluar langkah-langkah penyelesaian dan hasil dari soal tersebut. Cara kerja cepat dan bisa membaca tulisan bahasa Indonesia. Bahkan, langkahlangkahnya menggunakan bahasa Indonesia. Jadi, Photomath sangat cocok untuk guru SD dan siswa SD. Adapun kegunaan aplikasi photomath , seperti pengalaman baru dalam belajar, membantu memecahkan masalah matematis, akurat dan efektif dalam menyelesaikan soal matematis, dan menghemat waktu. Sebagai aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone, aplikasi ini memiliki banyak kegunaan sehingga menjadi pilihan mahasiswa dalam membantu menjawab persoalan matematika.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan (Muslimah et al, 2023) siswa mengatakan bahwa aplikasi photomath tidak Mengganggu proses pembelajaran matematika. Aplikasi photomath ini juga membantu bagi sebagian besar siswa, namum juga memberikan dampak negatif seperti malas berfikir dan hanya mengandalkan photomath dalam menyelesaikan soal matematika tanpa menghitung dengan manual. Aplikasi photomath juga dapat memberikan dampak positif yakni siswa mampu mengetahui jawaban dari soal matematika yang diberikan. (Larasati et al., 2022) dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa dengan memberikan pelatihan kepada siswa tentang bagaimana pemanfaatan aplikasi matematika yang di unduh melalui ponsel atau android dalam hal ini aplikasi photomath dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran matematika. Hal ini terlihat berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan sebesar 80% siswa mampu meraih skor nilai 75 atau lebih, dan ini menunjukkan bahwa siswa telah mampu menerapkan aplikasi matematika dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika.
(Salsabila et al., 2020) menyampaikan bahwa dalam mewujudkan tujuan serta cita-cita pendidikan di Indonesia, membutuhkan berkali-kali lipat usaha, mengingat segala kekurangan yang dimiliki. Teknologi hadir sebagai sarana kemudahan dalam menjalankan kehidupan, termasuk pendidikan. Disamping adanya transisi pandemi, pendidikan memiliki tantangan untuk bisa mengoptimalkan peran teknologi dalam ikut andil mensukseskan pendidikan, baik dari aspek proses pembelajaran, media pembelajaran, strategi pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran. Seluruh peserta didik, selalu membutuhkan model atau strategi pembelajaran yang menyenangkan, begitu juga dengan siswa SMA, terlepas dari usia berapa masing-masing mereka.
Keberhasilan sistem pembelajaran berbasis online dipengaruhi oleh beberapa komponen baik itu peserta didik, guru-guru, sumber materi atau bahan ajar, maupun teknologi informasi. Jika pembelajaran berbasis online diterapkan dalam jangka panjang tanpa diselingi dengan model pembelajaran lain tentunya dapat menimbulkan rasa jenuh. Diperlukan model pembelajaran daring yang lebih variatif sebagai alternatif yang dapat digunakan dimasa mendatang agar pembelajaran tetap menarik sehingga tujuan dari pendidikan secara umum dapat tercapai (Juniarti & Rasna, 2020).
4. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan mengenai hasil dan analisis tersebut diambil kesimpulan yaitu, bahwa aplikasi Photomath memberikan pengalaman belajar yang positif, efektif, dan praktis dalam menyelesaikan soal matematika. Meskipun memberikan manfaat, terdapat dampak negatif seperti ketergantungan pada aplikasi. Pelatihan penggunaan aplikasi matematika dianggap penting untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran matematika. Selain itu, variasi dalam model pembelajaran diperlukan agar pembelajaran tetap menarik dan tujuan pendidikan dapat tercapai. Teknologi diakui sebagai sarana yang memudahkan dalam konteks pendidikan.
Daftar Pustaka
Abdillah, Mahsup, Syaharuddin, & Pramita, D. (2021). Pemanfaatan aplikasi matematika berbasis Android sebagai media belajar matematika siswa SMA/SMK. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 17–22.
Adelina. Y., & Amin. H. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334.
Dewanta. A. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 79-85.
Handayani. S. D., Solihah. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi PhotoMath dan Aplikasi YHomework pada Pembelajaran Matematika. Kapas : Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-7.
Hikmah. S. N., & Maskar. S. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA SMP KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN KOORDINAT KARTESIUS. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 15-19.
Juniarti. N., & Rasna. I., (2020). PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE MEET DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133-141.
Jupri, A. (2020). Students’ algebraic proficiency from the perspective of symbol sense. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(1), 86–94. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i1.23102.
Khaira. H., (2020). PEMANFAATAN APLIKASI KINEMASTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III.
Larasati. F. M., Ardiansyah. M., Almeina. I., & Agus. R. T. A. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI PHOTOMATH SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 2(1), 109-115.
Muslimah. A., Ramadania. C., Fitri. A., & Dzakiroh. F. (2023). PENERAPAN PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA APLIKASI PHOTOMATH DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI KELAS XI MIPA V DI SMAN 3 CILEGON. Indonesian Journal of Thousand Literacies, 1(3), 241-360.
Muzzamil. A. R., MarIyadi., & Asfar. D. A. (2023). Persepsi Mahasiswa S-1 terhadap Pemanfaatan Photomath dalam Pemecahan Persoalan Matematika. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 761-772.
Salsabila. U. H., Habiba. I. F., Amanah. I. L. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-172.
Samsuddin, S. F., Shaffril, H. A. M., & Fauzi, A. (2020). Heigh-ho, heigh-ho, to the rural libraries we go! - a systematic literature review. Library and Information Science Research, 42(1), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2019.100997.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.
Webel, C., & Otten, S. (2015). Teaching in a World with Photomath. The Mathematics Teacher, 109(5), 368–373. https://doi.org/10.5951/mathteacher.109.5.0368.
Wijayanti. R., & Hasanudin. C. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Daring.
Komentar
Posting Komentar